Langkah Keselamatan Di Dapur

Langkah Keselamatan Di DapurMemasak merupakan hobi bagi sebagian orang, namun memasak adalah sebuah kewajiban bagi para ibu rumah tangga. Setiap hari mereka harus berjibaku dengan dapur dan segala peralatan didalamnya untuk mengolah bahan dan menjadikannya makanan lezat untuk dinikmati suami serta anak-anak. Namun sadarkan Anda bahwa di dapur juga banyak bahaya mengancam, karena disini ada banyak sekali benda tajam dan berbahaya. Sehingga penting bagi kita untuk senantiasa waspada agar terhindar dari berbagai hal buruk.

Keselamatan adalah hal penting yang harus diperhatikan dalam menjalani segala aktivitas, tidak terkecuali juga dalam memasak di dapur. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat diikuti sebgai langkah keselamatan di dapur:

  1. Memahami apa yang harus dilakukan

Seperti halnya aktivitas lainnya, memasak juga dibutuhkan keterampilan agar bisa tercipta masakan dengan cita rasa lezat. Tidak hanya itu saja, Anda juga harus bijak dalam menggunakan peralatan, tahu apa yang harus dilakukan. Ini adalah syarat pertama untuk memastikan keselamatan selama bekerja di dapur.

  1. Bekerja dengan peralatan yang tepat

Seiring dengan perkembangan waktu, peralatan dapur juga terus berinovasi. Saat ini sangat mudah untuk bisa menemukan aneka jenis peralatan dapur mulai dari yang paling sederhana hingga perlatan dapur berteknologi canggih. Apapun jenis peralatan yang digunakan, pastikan Anda menggunakannya dengan bijak dan tepat sesuai dengan prosedur penggunaan.

  1. Menggunakan perlengkapan safety diri

Seperti halnya pekerja lainnya, saat bekerja di dapur juga direkomendasikan untuk menggunakan alat pelindung diri diantaranya adalah sarung tangan untuk mengangkan peralatan dapur yang panas, clemek agar baju atau tubuh tidak terkena percikan minyak panas, sayur maupun masakan lainnya, topi koki untuk melindungi rambut sekaligus untuk mencegah rambut rontok dan jatuh kedalam masakan, sepatu koki agar tidak mudah tergelincir dan  sebagainya.

  1. Bijak menggunakan kompor dan kelistrikan

Kompor dan alat-alat bertenaga listrik adalah dua hal yang tidak bisa dihindari saat bekerja di dapur. Berhati-hatilah, menjaga jarak dan menggunakannya dengan bijak untuk menghindari luka bakar atau sengat listrik.

  1. Simpan peralatan di tempat aman

Perhatikan juga tempat penyimpanan peralatan dapur, terutama peralatan dapur yang bersifat tajam seperti pisau. Jauhkan dari jangkauan anak-anak.

  1. Tata letak yang tepat

Untuk keselamatan dan kenyamanan selama bekerja di dapur, pastikan tata letak perabot dan ruangan diatur dengan baik. Berikan space yang cukup untuk lalu lalang.

  1. Perhatikan kebersihan

Bersihkan dinding dapur, peralatan memasak dan perabotan lain seusai memasak agar tidak ditumbuhi jamur atau bakteri berbahaya. Mengepel lantai dapur juga penting agar lantai senantiasa bersih dari tumpahan masakan, minyak atau kotoran lain yang membuat lantai licin.

Dengan memperhatikan langkah keselamatan di dapur diatas, diaharapkan aktivitas memasak akan menjadi lebih nyaman, menyenangkan dan tentunya aman. Namun sebagai manusia kita memiliki keterbatasan, meski sudah melakukan upaya pencegahan dan minimalisasi resiko kecelakaan dan cedera saat beraktivitas di dapur, hal-hal di luar dugaan masih bisa terjadi seperti luka bakar, tumpahan minyak panas, tersengat listrik bahkan yang paling berbahaya adalah kebakaran. Karena itulah kita harus lebih waspada dan berhati-hati. Akan lebih baik jika disamping melakukan upaya pencegahan zahir juga didukung dengan upaya batin yakni dengan memohon keselamatan kepada Allah SWT sang maha pelindung dan mengamalkan amalan keselamatan diri.

Simpan

2,987 kali dilihat, 15 kali dilihat hari ini

Saat ini